Thursday, October 1, 2015


PATI 2015

Perkembangan teknologi menuntut kita agar tidak ketinggalan dengan teknologi yang ada. Mahasiswa sebagai ujung tombak dari perkembangan teknologi harus mampu untuk menggali informasi dari berbagai sumber, salah satunya adalah internet.
Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi atau biasa disingkat PATI dan lebih dikenal dengan istilah Pelatihan APLINET (Pelatihan Aplikasi Internet) adalah suatu kegiatan pelatihan yang diwajibkan bagi mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan mengenai segala yang berhubungan dengan teknologi informasi, khususnya teknologi informasi yang ada di UMM. Dalam kegiatan ini akan disampaikan diantaranya adalah materi tentang internet, browsing, layanan teknologi informasi di UMM (seperti e-mail, blog dan e-learning), layanan teknologi informasi secara umum (seperti search engine, online document dan hosting) serta microsoft office khususnya microsoft word, excel dan powerpoint.Pelatihan berlangsung selama 6 hari berturut turut, menggunakan 10 ruang Laboraturium yang difasilitasi 25 unit PC, proyektor, jaringan LAN, AC dan tempat yang nyaman. Adapun Laboraturium yang digunakan antara lain, Lab Komputer Infokom A, B, dan C (Gedung ICT Center Lt.3), Lab Komputer Ekonomi A, B, dan C (GKB II Lt.1) , dan Lab Kompurter Informatika A, B, C dan D (GKB III, Lantai 6).
Dalam kegiatan PATI kalian akan mendapat tambahan ilmu mengenai teknologi, karna dalam kegiatan pati kalian akan dibimbing dan di ajarkan berbagai cara menggunakan internet dengan mudah dan menarik. PATI juga wajib dilakukan bagi MABA (Mahasiswa Baru) karna nantinya di hari terakhir kalian akan mendapatkan sertifikat resmi dari pelatihan komputer UMM. Jika kalian tidak memiliki sertifikat itu kalian nantinya pada semester 7 atau 8 tidak bisa mengajukan skripsi, karna sertifikat itu wajib hukumnya bagi mahasiswa UMM memilikinya sebelum mengajukan skripsi ke Rektor.
Jika kalian ada yang tidak mengerti atau kurang paham akan teknologi kalian bisa bertanya terhadap pembimbing kalian, dan kalian akan di ajarkan secara perlahan mengenai bagaimana mengoprasikan teknologi tersebut.
Tetapi dalam kegiatan PATI juga pastinya ada kekurangannya, misalnya saja jam waktu pelaksanaan PATI itu, ditambah lagi dalam setiap pertemuan kalian akan mendapatkan berbagai macam tugas individu, tugasnya pun banyak dan cukup menguras waktu kalian, ditambah lagi apabila di kampus juga ada tugas, maka akan bertambah banyaklah tugas kalian. Terkadang juga dalam kegiatan PATI sinyal internet yang jelek dapat menjadi gangguan dan juga terkadang GMAIL yang anda miliki tidak dapat dibuka, itu sangat menyusahkan dan menguras pikiran.
Tapi di sisi lain kalian akan mendapatkan banyak kenalan teman baru yang asik dan juga lucu, teman-teman baru itu bisa berasal dari jurusan dan fakultas yang berbeda dari kalian, kalian akan merasa happy dan senang apabila sudah bercanda bersama kawan-kawan baru kalian, terkadang juga pembimbing kalian yang sudah merasa lelah, dan pusing kalian dapat mengerjain mereka agar mereka marah dan kesal, dan itu akan mendapatkan kebahagiaan tersendiri bagi anda kawan.
Jadilah mahasiswa yang terbaik dan aktif dalam kegiatan PATI, karna kalian nantinya akan mendapatkan nilai lebih dibandingkan dengan teman-teman kalian yang lain.
Sedikit pengalaman yang saya alami, dalam kegiatan PATI ini saya dibimbing oleh dua kakak tingkat, yang pertama bernama chenda dan yang kedua bernama rina, mereka berdua lucu, apalagi kak chenda, dia itu orangnya sedikit lemot dan lucu, saya suka sekali mengerjainya ^_^
Sekian tips dari saya kawan, semoga bermanfaat bagi kalian ^_^

No comments:

Post a Comment